Publikasi 2012


Semua hasil kegiatan Workshop Peningkatan dan Pengembangan Karir Guru BK SMP Kabupaten Nganjuk Tahun 2012 dipublikasikan oleh Pengurus MGBK SMP Kabupaten Nganjuk di Website ini. Silahkan mendownload dibawah ini
HANDOUT NARA SUMBER download
FOTO KEGIATAN WORKSHOP download
PROPOSAL PTBK PESERTA download
MEDIA PRESENTASI LAYANAN BK download


CONTOH HASIL KEGIATAN PESERTA

KELOMPOK 1
1. Anang Dwijo S, S.Pd
2. Sentot Heru S, M.Si
3. Marsudi Ageng, S.Pd
4. Hariyanto, M.Si
5. Sansuri, S.Pd.
 PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN KONSELING

( PTBK )

A.    JUDUL

Menurunkan tingkat Pelanggaran Tata Tertib Siswa Melalui Konseling Individu Pendekatan Behavior pada  kelas 7 C SMP Negeri 1 Loceret Nganjuk
B.LATAR BELAKANG MASALAH

Berdasarkan data hasil wawancara dan observasi terdapat 5 siswa yang sering melanggar tata tertib.

1.      Sejumlah 5 siswa pada hari-hari tertentu dan jam pelajaran tertentu, meninggalkan jam pelajaran dengan cara melompat pagar

2.      Siwa merasa bosan, tidak tertarik dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru

3.      Siswa bermain Play Station yang berlokasi di dekat sekolah

4.      Setelah pelajaran yang tidak disukai, siswa kembali ke sekolah mengikuti pelajaran selanjutnya

5.      Dilakukan Konseling Individu Pendekatan Behavior untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa, karena pendekatan ini sangat sesuai untuk pengubahan perilaku siswa yang melanggar tata tertib.


C.RUMUSAN MASALAH

Apakah melalui Konseling Individu Pendekatan Behavior bisa menurunkan tingkat pelanggaran tata tertib siswa  kelas VII SMP Negeri 1 Loceret


D.    TUJUAN

1.      Mengetahui tingkat penurunan pelanggaran tata tetib siswa kelas VII SMP N I loceret

2.      Meningkatkan aktivitas siswa selama mengikuti tata tertib sekolah dengan menggunakan layanan konseling behavior di kelas VII SMPN I Loceret

3.      Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan layanan konseling behavior di kelas VII SMP N I Loceret


E.     MANFAAT

1.      Manfaat:

a.       Dengan menggunakan layanan konseling individu teknik behavior ini diharapkan adanya penurunan pelanggaran tata tertib siswa di SMPN I Loceret

b.      Layanan konseling behavior diharapkan dapat memecahkan permasalahan bagi siswa dalam penurunan pelanggaran tata tertib sekolah

2.      Manfaat bagi guru BK/ Konselor

Meningkatkan ketrampilan konselor dalam menangani siswa yg  melanggar tata tertib

3.      Manfaat bagi sekolah

Meningkatkannya tingkat ketertiban dan kedisiplinan

4.      Manfaat bagi pengembangan ilmu:

Dapat digunakan sebagai acuan bagi penelitian berikutnya


F. KAJIAN PUSTAKA

1.      Pengertian pelanggaran tata tertib

a.       Pelanggaran : Menurut kamus besar bahasa Indonesia pelanggaran  adalah perilaku yang menyimpang untuk melakukan suatu tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat

b.      Tata Tertib : menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi 3 pengertian dari tata tertib adalah peraturan – peraturan yang harus di taati dan di laksanakan dengan disiplin (poerwodarminto, 1996) Dengan pendekatan konseling individu teknik behavior ini di harapkan ada penurunan tindakan siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib siswa di sekolah sehingga bisa berubah atau berkurang sesuai dengan harapan dan bisa menambah keaktifan dalam kegiatan belajar di sekolah.

c.       Pelanggaran Tata Tertib : perilaku yang menyimpang untuk melakukan suatu tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat dalam hal ini di sekolah berupa Tata Tertib.

d.      Sebab–sebab siswa melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah

1)      Sebab dari dalam :

o  Siswa merasa bosan dengan kegiatan belajar

o  Siswa tidak tertarik dengan pelajaran yang disampaikan guru

o  Guru tidak memperdulikan kehadiran siswa.

2)      Sebab dari luar    :

o  Anak sering bermain Plays Station di luar Sekolah pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

o  Kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa. Cara mengurangi kebiasaan melakukan Pelanggaran Tata Tertib di sekolah adalah  konselor melakukan atau memberikan layanan konseling terhadap siswa.

e.       Jenis Pelanggaran Tata Tertib yang terjadi adalah :

1)      Membolos

2)      Terlambat masuk sekolah

3)      Keluar pada saat jam pelajaran

4)       

2.      Konseling Individu

a.       Konseling individu merupakan salah satu pemberian bantuan secara perseorangan dan secara langsung, dalam hal ini pemberian bantuan dilakukan secara face to face relationship atau tatap muka.

b.      Langkah-langkah Konseling :

1)     Pembinaan Hubungan Baik. Penyambutan dengan topik netral Pengalihan ke awal konseling untuk membahas masalah yang dihadapi serta i’tikat Konselor membantu mengentaskan masalah Konseli

2)     Identifikasi masalah yang dialami Konseli. Konseli, dengan teknik leading yang diterapkan Konselor mengungkapkan masalah yang sedang dihadapi.

3)     Penilaian perilaku saat ini. Perilaku Konseli sebagai akibat dari kejadian yang dialami jika dibiarkan akan berakibat pada kerugian Konseli.

4)     Perencanaan Perilaku. Konseli diarahkan untuk mengidentifikasi perilaku yang diharapkan,

5)     Terminasi / Pengakhiran. Konselor dan Konseli menyimpulkan hasil konseling dan membuat kesepakatan jika diperlukan sesi konseling lanjutan

c.       Pendekatan Konseling Behavior

Proses konseling dibingkai oleh kerangka kerja untuk mengajar klien dalam mengubah tingkah lakunya, meliputi :

1)      Assesment :

    - bertujuan untuk memperkirakan apa yang diperbuat

       klien pada waktu itu.

    -  Konselor membantu klien untuk mengemukakan

       keadaan yang benar-benar dialaminya pada waktu itu.

    -  Assesment diperlukan untuk memperoleh informasi

       model mana yang akan dipilih sesuai dengan tingkah

       laku yang ingin diubah.

2)      Goal setting

     - Langkah untuk merumuskan tujuan konseling.

     - Konselor dan klien menyusun perangkat untuk merumuskan

       tujuan yang ingin dicapai dalam konseling.

     - Menjadi pedoman teknik mana yang akan digunakan.

3)      Technique implementation

     Menentukan dan melaksanakan strategi belajar yang digunakan  untuk mencapai tingkah laku yang diinginkan yang menjadi tujuan konselin

4)      Evaluation termination

    Melakukan kegiatan penilaian apakah kegiatan konseling yang telah dilaksanakan mengarah dan mencapai hasil sesuai dengan tujuan konseling.

5)      Feedback

Memberikan dan menganalisis umpan balik untuk memperbaiki dan meningkatkan proses konseling.

                                                           

G.    METODE PENELITIAN

1.   Obyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP NEGERI 1 LOCERET yang      berjumlah 5 orang

2.   Tempat penelitian : SMP NEGEREI 1 LOCERET

3.   Waktu : Mulai tanggal 7 Januari 2013 sampai dengan 28 Pebruari 2013

4.   Instrumen penelitian :

a)    Pedoman Wawancara

b)   Obsevasi

5.   Prosedur :

Penelitian ini  dilakukan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas, direncanakan dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap (Kemmis and Taggart, 1988), yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi (pengamatan), (4) Refleksi


Siklus I

Perencanaan

Berisi ttg penyiapan sebelum pelaksanaan meliputi penyusunan perencanaan BK, instrumen menyiapkan tempat untuk konseling individu


Pelaksanaan tindakan

Langkah Konseling Individu pendekatan Behavior

a.       Penghapusan respon

b.      Pemberian penguatan

c.       Mengurangi frekkuensi tingkah laku yang tidak diinginkan

d.      Memberikan penguatan

e.       Pengubahan tingkah laku melalui pemberian contoh

f.       Merencanakan pemberian penguatan terhadap tingkah laku yang diinginkan

Observasi (Pengamatan)

  Dalam melaksanakan konseling behavior siswa diamati oleh seorang observer untuk mengetahui apakah siswa merespon terhadap pertanyaan konselor


Refleksi

 Akan diadakan pengamatan terhadap perubahan sikap siswa terhadap tata   tertib sekolah

Berdasarkan hasil pengamatan diketahui kekurangan –kekurangan sehingga harus direvisi pada pelaksanaan putaran selanjutnya

6.      Analisis data

a.  Data yang telah terkumpul melalui observasi akan dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif kualitatif dengan menggunakan prosentase dan grafik

b. Pedoman Wawancara diberikan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan dan respon terhadap tata tertib sekolah setelah dilakukan layanan konseling individu teknik behavior


 WAKTU PELAKSANAAN

1.  Rencana tindakan dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember 2012 sampai dengan 17 Januari 2013

2.  Dikerjakan setiap hari Rabu dengan kegiatan sebagai berikut

a.    Hari Rabu bulan Desember 2012 membagi dan mengumpulkan angket

b.   Bulan Januari 2013 melakukan observasi

c.    Bulan Pebruari 2013 melakukan analisa



  DAFTAR PUSTAKA

Nursalim, M, 2005. Strategi Konseling. Surabaya, UNESA University Press,

Nursalim, M, 2008. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, Surabaya.

Hartono, 2005. Psikologi Konseling, Surabaya

Tarminto M.Pd, 2013, Pelecehan Seksual, Nganjuk 

 



1.  Kenakalan Remaja

Tema          

:

Kenakalan remaja

Tugas Perkembangan                 

:

Mencapai perkembangan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Jenis Layanan

:

Informasi

Bidang Bimbingan

:

Pribadi

Kelas/ Semester

:

VIII/ Genap

Waktu

:

2 x Pertemuan


 A.  Materi
a.      Siapa remaja itu


Remaja adalah manusia yang masih di dalam perkembangannya menuju kedewasaan, baik jasmani maupun psikisnya. Meurut BKN – KKA ( Badan Koordinasi Nasional Kesejahteraan Keluarga dan Anak-Anak ) masa remaja adalah antara umur 13 – 17 tahun




Ciri-ciri psikologis masa remaja adalah mulai aktif dan energinya serba lengkap. Energi yang berlebihan menyebabkan sifat remaja suka ramai, rebut, suka betengkar, sering memamerkan kekuatan badannya, lincah dan berani, ingin menonjolkan dirinya, ingin namanya dikenal orang lain, menganggap tidak ada pekerjaan yang sulit baginya, ingin melepaskan diri dari kekangan orang tua, ingin berdiri sendiri, sering melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum/norma dan sulit diatur.



Aliran konvergensi yang dipelopori oleh W. Stern berpendapat bahwa perkembangan remaja itu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor bakat yang dibawa sejak lahir, tetapi juga mendapat pengaruh besar dari lingkungan. Faktor lingkungan yang ikut mempengaruhi perkembangan seorang remaja adalah faktor-faktor yang menggambarkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Norma-norma masyarakat memaksa perkembangan bakat remaja agar perkembangan menurut ketentuan yang berlaku dalam masyarakat. Kebutuhan-kebutuhan (needs) dan dorongan (drives) tidak berkembang sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Ini tidak berarti bahwa kebutuhan-kebutuhan dan dorongan itu hilang, tetapi mencari jalan lain sebagai penyalurannya. Makin banyak tekanan, makin banyak keinginan remaja untuk melakukan sesuatu berupa tindakan-tindakan agresif.


b.                  Pengertian kenakalan

Didalam perkembangannya, remaja mengalami berbagai dorongan. Secara singkat dorongan tersebut seperti diuraikan berikut ini :

1.   Dorongan untuk mendapat jawaban atau balasan yang seksama, ingin sesuatu yang sebenarnya

2.      Dorongan untuk mendapat jawaban atau balasan yang seksama, ingin mendapatkan perhatian dan mencari teman dalam pergaulan

3.      Dorongan untuk mencari rasa aman, karena ia ingin berbuat sesuatu untuk menghindari sesuatu yang ditakuti

4.      Dorongan untuk ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan dalam masyarakat

5.      Dorongan untuk memberikan pertolongan pada orang lain dan ingin berjasa terhadap sesame warga masyarakat


Apabila dorongan-dorongan tersebut diatas tidak terpenuhi, tertekan maka akan timbul suatu gangguan (frustasi) yang mengakibatkan timbulnya tindakan-tindakan kenakalan atau perbuatan-perbuatan lainnya yang tidak dapat diterima oleh masyarakat. Jika dirumuskan secara sederhana : “ Kenakalan adalah kelainan dalam tingkah laku serta perbuatan ataupun tindakan-tindakan yang bersifat a-sosial, terdapat pelanggaran-pelanggaran terhadap norma-norma sosial, agama dan tindakan-tindakan pelanggaran hukum.


a.      Sebab-sebab Timbulnya Kenakalan Remaja

Penyebab kenakalan remaja antara lain karena kegagalan pendidikan yang dilakukan oleh keluarga/guru dan masyarakat, kondisi sosial yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak secara wajar, keturunan yang bersifat biologis/psikis, pembawaan/bakat yang negatif dan sukar untuk diarahkan, kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, pengendalian diri terhadap hal-hal yang negatif kurang, rasa kasih sayang dari orang tua yang tidak adil, kurangnya pendidikan agama, mental serta disiplin serta tanggungjawab oleh orang tua, rasio murid dan guru terlalu besar, kurangnya tenaga guru yang memenuhi syarat, kurangnya tempat penyaluran kegiatan remaja, kurangnya contoh/teladan yang positif dari orang tua/guru/masyarakat, terutama oleh pejabat/penegak hukum


b.      Usaha-Usaha Pencegahan Kenakalan Remaja

Dalam hal ini situasi keluarga merupakan situasi pendidikan yang terbaik bagi remaja. Remaja harus meningkatkan agama, mental/budi pekerti dan disiplin, tidak bersikap manja pada orang tua, mengatur jadwal kegiatan sehari-hari, banyak mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik di sekolah dan masyarakat.


c.       Akibat Kenakalan Remaja

Akibat kenakalan remaja diantaranya adalah putus sekolah membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, membawa nama jelek keluarga, sekolah dan masyarakat, dikecam masyarakat, sulit mencari pekerjaan, hidup tidak terarah. Masa depan suram.


B.  Bercermin


  1. Mendidik anak menjadi anak pintar tidaklah terlalu sulit, Tetapi sungguh tidak mudah untuk mendidik anak menjadi anak yang baik. Untuk itu harus lebih dahulu mendidik mereka supaya dapat mengendalikan diri. Dengan demikian anak menjadi mampu bertahan dari berbagai pengaruh luar dan kecenderungan pribadi yang buruk. Selanjutnya, ia akan mampu berkembang dan tumbuh dengan sehat dan wajar sebagai pribadi yang dewasa.

Benarkah pernyataan itu, jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



  1. Apa usaha-usaha anda supaya tidak terperosok dalam kenakalan reja?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bila saya telah terjerumus, usaha yang saya lakukan selanjutnya adalah:

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan 5 macam kegiatan-kegiatan di sekolah yang dapat menanggulangi kenakalan remaja !

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan 5 macam kegiatan-kegiatan di masyarakat yang dapat menanggulangi kenakalan remaja!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

C.  Tugas

Buatlah klipping secara kelompok dengan topic “ Kenakalan Remaja” bahannya adalh Koran, majalah, tabloid dan bacaan lainnya, serta berilah komentarnya!



























2. Kiat Mengatasi Masalah dengan Sukses


Tema          
:
Mengatasi masalah
Tugas Perkembangan                 
:
Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
Jenis Layanan
:
Penguasaan konten
Bidang Bimbingan
:
Pribadi
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A.  Materi


Konflik bisa dialami oleh siapa saja, baik itu oleh orang dewasa ataupun oleh remaja. Pada usia remaja konflik akan sering terjadi karena secara emosi mereka bisa dibilang belum stabil oleh karena itu konflik sering dialami oleh para remaja. Pada topik ini akan diberikan beberapa kiat untuk mengatasi konflik yang sering dialami oleh individu, kiat-kiat itu adalah sebagai berikut :


a.       Tetap percaya : tetap percaya pada seseorang yang sedang bermasalah dengan kita, ingat bahwa hubungan persahabatan atau persaudaraan tidak akan selalu berjalan dengan mulus, oleh karena iti anda harus tetap percaya bahwa masing-masing bisa menjaga hubungan yang harmonis tersebut.


b.      Bicara dari hati ke hati : ketika sedang menghadapi konflik dengan seseorang usahakan anda  untuk bisa membicarakannya dengan baik yaitu dari hati ke hati, sehingga dengan demikian anda akan mengerti apa yang sebenarnya teman anda inginkan


c.       Curhat yang benar : curhat memang perlu tetapi hati-hati jika curhat dilakukan dalam suasana yang tidak tepat dapat maka itu malah akan menjadi bumerang bagi kalian

d.      Cari tempat yang enak : untuk menyelesaikan pertentangan yang sedang anda hadapi dalam membicarakan perlu melihat lingkungan apakah mendukung untuk anda dapat membicarakannya.


e.       Kenanglah hal-hal yang lucu yang pernah anda alami dengan teman anda tersebut


f.       Beri maaf : hal yang paling penting adalah memberikan maaf pada teman anda yang sedang bermasalah dengan anda. Sehingga ketika anda saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi.


g.      Introspeksi : jangan langsung menyalahkan teman andalah yang menyebabkan konflik tersebut terjadi tetapi usahakan bahwa anda juga bisa koreksi diri siap tahu anda yang salah


h.      Jalin Komunikasi : komunikasi sangat diperlukan sehingga dengan komunikasi tersebut anda akan dapat saling mengerti keinginan masing-masing


Bertengkar dengan teman adalah hal yang wajar tetapi yang penting adalah bagaimana anda dapat menyelesaikannya dengan baik.


Dibawah ini ada beberapa tips untuk menyelesaikan suatu masalah/konflik :

      Setelah mengetahui bagaimana menyelesaikan konflik, kita juga dapat menggunakan keempat cara tersebut secara bergantian, namun setiap orang biasanya memiliki kecenderungan pada cara tertentu dalam penyelesaian konflik. Untuk yang memiliki skor seimbang di tiap kelompok berarti tidak memiliki kecenderungan tertentu. Ini bukan berarti baik. Baik tidaknya penyelesaian masalah yang digunakan tergantung beberapa kondisi yang ditemui.





  1. Menghindar

Ada kalanya lebih baik menghindar bila masalahnya tidak penting kondisi psikologis sangat emosional, dan tidak akan timbul akibat yang lebih buruk bila konflik itu diteruskan.


  1. Akomodasi

Tujuan dari cara ini adalah hubungan yang harmonis dengan menempatkan kebutuhan dan pendapat orang lain di atas pendapat kita. Hal ini paling baik digunakan saat masalah tersebut tidak terlalu penting dan ingin di masa depan yang diinginkan lebih diperhatikan orang tersebut.

  1. Memaksa

Agar kemauan kita terpenuhi meski mengorbankan orang lain, kadang-kadang bisa menjadi pilihan yang baik dalam menyelesaikan masalah


  1. Kompromi

Cara ini membutuhkan pengorbanan dari kedua belah pihak. Sngat tepat bila digunakan pada saat kita berada pada posisi yang sejajar dengan pihak lain, dan dibutuhkan solusi yang segera sementara masalahnya sangat kompleks.


  1. Kolaborasi

Ini adalah penyelesaian masalah menang-menang. Semu pihak berusaha untuk dapat memenuhi semua kebutuhan orang yang berkonflik. Ini dapat dilakukan bila keduanya terbuka dan jujur, mendengar dengan baik sehingga mengerti perbedaan masing-masing, serta mengungkap berbagai alternative solusi yang menguntungkan semuanya. Menggunakan ini bila tidak terikat dengan batas waktu penyelesaian dan masalahnya sangat penting sehingga tidak dapat dikompromikan.


B.  Bercermin

Dibawah ini ada kuesioner. Ada 16 pertanyaan yang harus diisi sesuai dengan apa yang biasanya dilakukan. Beri tanda di kolom A bila sering melakukan hal itu saat menghadapi konflik, di kolom B bila hanya terkadang melakukannya dan di kolom C bila kamu hamper tidak pernah melakukannya.

           


No
Pernyataan
A
B
C
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
Saya mencoba menggali perbedaan yang ada, tidak menyerah, tapi tidak memaksakan kehendak saya
Saya menyatakan ketidak setujuan secara terbuka, dan mengajak diskusi lebih dalam mengenai perbedaan yang ada
Saya mencari penyelesaian yang sama-sama menguntungkan
Daripada orang lain membuat keputusan tanpa masukan dari saya, saya memastikan bahwa pendapat saya didengar dan saya, saya memastikan bahwa pendapat saya didengar dan saya mendengar apa pendapat yang lain
Saya setuju untuk mencari jalan tengah daripada mendapat penyelesaian yang hanya memuaskan saya sepenuhnya
Saya lebih baik mengakui bahwa saya setengah salah daripada membuka perbedaan yang ada
Saya terkenal suka mencai jalan tengah
Saya berharap mendapat setengah dari apa yang sebenarnya saya inginkan
Saya lebih baik membuang ide saya daripada mencoba mengubah pendapat orang lain
Saya tidak mengeluarkan hal-hal yang mungkin menimbulkan konflik dari pendapat yang saya lontarkan
Saya lebih baik segera menyetujui sesuatu daripada berargumen mengenainya
Saya lebih baik menyerah bila pihak lain terlibat emosional dengan pendapatnya
Saya berusaha menghindari orang lain
Saya berusaha mencapai kemenangan dengan cara apapun
Saya tidak menyerah dari argument yang saya anggap benar
Saya lebih senang menang daripada mengkompromikan pendapat saya


Beri skor 5 untuk setiap jawaban di kolom A, skor 3 untuk jawaban dikolom B dan 1 untuk jawaban di kolom C, kemudian jumlahkan sesuai pengelompokan di bawah ini :

      Kelompok 1 : hasil penjumlahan skor dari nomor 13-16

      Kelompok 2 : hasil penjumlahan skor dari nomor 9-12

      Kelompok 3 : hasil penjumlahan skor dari nomor 3-8

      Kelompok 4 : hasil penjumlahan skor dari nomor 1-4


Keempat kelompok daiats menunjukkan cara penyelesaian konflik yang berbeda. Hasil penghitungan dilihat perkelompok dengan baru sebagai berikut :

      17 ke atas : sangat tinggi   12-16 : tinggi   8-11 : sedang di bawah           7 : rendah


      Kelompok 1 : Memaksakan / dominasi

      Bila nilainya tinggi dikelompokan ini lebih dari kelompok lain maka lebih cenderung menyelesaikan masalah dengan memaksakan kehendak. Mendominasi setiap perbedaan pendapat dan selalu berusaha memenangkan dengan membuat orang lain kalah.


      Kelompok 2 : Mengakomodasi

      Bilai nilai disini paling tinggi maka cenderung mengakomodasi pendapat orang lain. Menerima saja pendapat orang lain dan tidak berusaha mengemukakan pendapat agar diterima paling tidak dipertimbangkan. Meski merugi dengan cara penyelesaian ini tapi lebih baik mengalah daripada harus berkonflik.


      Kelompok 3 : Mengkompromikan

      Jalan tengah. Itu jadi prinsip bagi yang tinggi skor kelompok ini. Ada hal-hal dari pendapat yang diterima, tetapi merasa telah berkorban untuk dapat menerima pendapat orang lain.


      Kelompok 4 : Kolaborasi

      Disini kedua orang yang berkonflik akan merasa menang. Dua pendapat tersebut dapat dikolaborasikan dengan baik dan dapat diselesaikan dengan pola menang-menang.



C. Tugas

      Ceriterakan pengalaman konflik yang anda alami pakah dengan keluarga, guru atau teman sekolah, dll.

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________














                     3. Kiat dalam Bergaul



Tema          
:
Pemahaman Lingkungan
Tugas Perkembangan                 
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Sosial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A.  Materi


Masa remaja banyak mengalami pertumbuhan  dan perkembangan  dalam segala aspek kehidupannya. Pada masa sekarang, remaja dihadapkan  pada berbagai tugas perkembangan yang harus dilaksanakan sebaik dan setepat mungkin.  Dalam perkembangan sosial, pada masa ini remaja mengalami perubahan dalam hubungan sosial, yang ditandai dengan perkembangan minat pada lawan jenis.


Ada beberapa etika yang harus dijaga oleh remaja dalam kelompok sebaya :

1.      Melakukan banyak hal

2.      Bersikap jujur

3.      Buka  berbincang tentang ide, harapan dan mimpi rasa takut dan kecewa

4.      Saling tolong menolong dalam hal yang benar

5.      Bersikap dapat dipercaya dan saling mempercayai

6.      Membicarakan masalah dan  hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak hatinya

7.      Saling menjaga

8.      Saling mendengarkan dengan bersungguh-sungguh

9.      Saling memberikan dorongan dimasa sulit

10.  Bersenang-senang


Dalam hubungan social dan interaksi social manusia dapat merealisasikan kehidupnya. Pada dasarnya pribadi madusia dapat hidup seorang diri tanpa lingkungan atau teman, baik dirumah atau disekolah.


Ada beberapa tata cara  atau kiat agar pergaulan tercipta dengan baik yaitu :

1.      mengucapkan salam antar sesama teman  dengan kepala sekolah dan guru serta karyawan sekolah.

2.      Saling menghormati antar sesame siswa menghargai perbedaan dalam memilih teman belajar, teman bermain, dan teman bergaul

3.      Menghormati ide, pikiran dan hak cipta orang lain

4.      Berani menyampaikan sesuatu yang salah adalah salah dan menyatakan yang benar adalah benar

5.      Menyampaikan suatu pendapat secara sopan

6.      Membiasakan diri mnyempaikan terima kasih

7.      Berani mengalami kesalahan yang terlanjur telah dilakukan

8.      Menggunakan bahasa yang sopan terhadap orang tua dan teman sebaya

9.      Dengan iklas memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan

10.  Mempunyai toleransi dan tenggang rasa yang tinggi pada orang lain


B.  Bercermin


1.                              Menurut pendapatmu, hal-hal apa saja yang perlu dijaga dalam etika pergaulan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


2.                              Menurut anda, mengapa etika pergaulan dijaga?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


3.      Apa yang akan terjadi, bila dalam pergaulan anda terlalu sombong, bersikap tidak jujur, dsn tidak dapat dipercaya?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


4.      Kita dalam bergaul, harus bisa menghormati pikiran orang lain, Apakah anda sudah demikian? Jelaskan dan beri contoh

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


5.      Jelaskan bagaimana cara bergaul dengan orang yang lebih muda, lebih tua dan sebaya?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C.  Tugas

Diskusikan dengan teman sekelompok anda, bagaimana cara bergaul dengan lawan jenis?


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


4. Napza



Tema          
:
Dampak buruk Narkoba
Tugas Perkembangan                 
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Sosial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A.      Materi


Napza merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika dan zat aditif lainnya,  yang dimasyarakat disekitar kita biasa disebut dengan istilah Narkoba.


Pengertian Napza secara umum adalah zat / obat yang berasal dari tanaman baik sintesis Maupin semi sintesis. Napza merupakan zat yang bekerja pada otak sehingga menimbulkan perubahan pikiran, prasaan dan tingkah laku.


Di dalam dunia kesehatan Napza atau Narkotika sangat dibutuhkan untuk proses pengobatan, namun dalam perjalanan waktu dan kepentingan yang berbeda maka barang ini sering disalahgunakan penggunaannya, mengunakan tanpa petunjuk para ahli kesehatan, menggunakan melebihi dosis atau ukuran. Penggunaan Napza yang tidak sesuai dengan aturan kesehatan akan merusak kesehatan diri sendiri, apalagi dikonsunsi secara terus menerus.




Pengertian penyalahgunaan :

Adalah pengguanaan Napza yang patologi dan bukan untuk tujuan pengobatan atau digunakan tanpa mengikuti aturan atau pengawasan dokter, digunakan terus menerus yang dapat menimbulkan ketagihan  atau ketergantungan, baik secara fisik / jasmani maupun mental emosional.


Pengertian ketergantungan ;

Adalah suatu keadaan kebutuhan fisik atau psikis terhadap Napza yang terjadi akibat pemakainan Napza secara terus menerus atau berlebihan dan jika diberikan akan  menimbulkan gejala-gejala putus obat.


Jenis-jenis obat yang sering disalahgunakan :

1.   Narkotika (UU RI No. 22 Tahun 1977 tentang Narkotika)

a.       Narkotika golongsn I (heroin/putaw, kokain, ganja)

b.      Narkotika golongan II (morfin, petilin)

c.       Narkotika golongan II(Kodein, papaverin)


2.   Psikotropika (UU RI No. 5 tahun1977 tentang Psikotropika

a.       Psikotropika golongsn I (ekstasi, sabu-sabu, LSD)

b.      Psikotropika golongan II (Amfetamin, metal femdat atau metalin)

c.       Psikotropika golongan III (Pentabarbital, flunitra zapeun)

d.      Psikotropika golongan IV (Drazepan, bromozepun, Fendralbetal, Pil BK, Pil Koplo, Rhohipnol, DUM, MG)


3.      Zat Aditif

a.       Minuman beralkohol (bir, anffur, Whisky, Vodca, Manson hors, johny walker)

b.      Inhalansia (lem, tinner, bensin, aseton

c.       Tembakau (nikotin)


Efek samping pengguna Napza antara lain  :

1.      Penyalahgunaan heroin / putaw melalui suntikan dapat menyebabkan :

-          Hepatitis B dan C

-          Infeksi HIV / Aids

-          Infeksi Jantung

-          Infeksi darah

-          Radang paru-paruradang pembuluh darah (trombaflebitis)

-          Penyumbatan pembuluh darah (emball)

-          Stroke


2.      Penyalahgunaan Psikotropika (ekstasi, sabu-sabu, kokain) dapat berakibat :

-          Hipertensi

-          Ganguan jantung

-          Pendarahan otak

-          Kekurangan zat gizi berat


3.      Penyalahgunaan alcohol dapat menyebabkan :

-          Sulut lambung

-          Pendarahan lambung

-          Sarosis hepatitis (pengerutan hati)

-          Kanker hati

-          Radang  kelenjar getah perut (pankreatitis)


Secara umum bagi orang atau anak yang pengguna Narkoba akan berpengaruh terhadap kesehatan baik fisik maupun psikis :


Pengaruh Fisik :

  1. Kesehatan fisis menurun
  2. Pnampilan diri menurun
  3. Badan kurus, lemah dan malas
  4. Suhu badan tidak beratuaran
  5. Pernafasan lambat dan dangkal
  6. Pupil mata mengecil
  7. Kesadaran makin lama makin menurun
  8. selera makan berkurang


Pengaruh Psikis :

  1. Mombolos, tidak disiplin
  2. Sering kelihatan mengantuk disekolah
  3. Prestasi disekolah tiba-tiba menurun drastis
  4. Sekeli-kali ditemukan dalam keadaan mabuk, bicara pelo dan berjalan sempoyongan
  5. Mudah marah dan mudah tersinggung
  6. Sering berbohong
  7. Membangkan terhadap teguran guru
  8. Tidak mau mempedulikan peraturan keluarga
  9. Sering pulang larut malam dan menginap di rumah teman
  10. Bila ditanya sifatnya defensif penuh dengan kebencian
  11. Malas mengurus diri sendiri
  12. Menarik diri dan sering di kamar dan mengunci diri
  13. Bersikap lebih kasar terhadap anggota keluarga lainnya


B.  Bercermin


1.      Apa yang dimaksud dengan Napza?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


2.      Apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan Napza?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



3.      Apa yang dimaksud dengan ketergantungan Napza?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


4.      Sebutkan jenis-jenis obat yang sering disalah gunakan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


5.      Bagaimana sikapmu bila anda mengetahui temanmu sebagai pengguna Napza? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C. Tugas

      Diskusikan dengan teman sekelompok anda, bagaimana cara-cara yang efektif agar terhindar dari Naza?





















5. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri



Tema          
:
Dampak buruk Narkoba
Tugas Perkembangan                 
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Sosial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi


Pada zaman sekarang rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin hidupnya maju. Tanpa rasa percaya diri kita akan mudah merasa malu dan merasa bahwa kita tidak bisa melakukan apa-apa, padahal kita bisa melakukannya. Rasa percaya diri adalah suatu rasa yang dimiliki oleh manusia yang mearasa bahwa dirinya bisa melakukan apa saja tanpa merasa malu jika apa yang dilakukannya gagal atau tidak mungkin tidak berhasil


Menumbuh kembangkan rasa percaya diri adalah suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh setiap siswa. Tanpa adanya rasa percaya diri maka dapat menghambat siswa untuk mengembangkan pribadinya dalam dirinya


Rasa percaya diri ini dapat dipupuk dengan cara sebagai berikut:

  1. Selalu berusaha untuk membuka diri
  2. Anggaplah bahwa kamu bisa/ optimis terhadap diri sendiri
  3. Selalu melakukan yang terbaik
  4. Berani menerima kenyataan, dan lain-lain


Jika seseorang merasa kurang percaya diri, dia akan merasa ragu untuk melakukan sesuatu. Dia akan merasa takut jika apa yang dilakukannya gagal dan ditawarkan orang, padahal tanpa adanya percaya diri seseorang akan sangat sulit untuk mencpai apa yang diinginkan


Ciri-ciri orang yang kurang percaya diri antara lain:

  1. Merasa pesimis
  2. Tidak yakin pada apa yang dikerjakan
  3. Selalu ragu-ragu untuk melakukan sesuatu
  4. Menutup diri dalam pergaulan
  5. Selalu merasa khawatir
  6. Tidak berani bicara didepan umum, dan lain-lain


Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa adalah merupakan hal yang sangat penting. Begitu halnya untuk mernumbuhkan rasa percaya diri, guru dapat membimbing dan mendidik siswa-siswanya agar dapat mengembangkan rasa percaya diri


Cara-cara anak mengembangkan rasa mngembangbangkan diri disekolah anatara lain:

  1. Membiasakan diri mengemukakan pendapat didalam kelas
  2. Membiasakan diri maju di depan kelas
  3. Mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler
  4. Membuka diri dalam pergaulan dengan teman-teman sekolah, dan lain-lain


Rasa percaya diri akan sangat berperan dalam perkembnagan kepribadian seseoarang. Jika seseorang percaya pada diri sendiri maka ia akan mudah melakukakan segalanya sehingga masa depanpun akan bisa diraihnya


Akan tatapi rasa percaya diri yang berlebihanpun tidak baik bagi pengembangan kepribadian seseorang. Seseorang yang mempunyai percaya diri yang berlebihan, jika tidak dapat menggunakannya dengan baik akan menumbuhkan suatu kepribadian yang kurang baik. Contohnya: sombong, merasa dirinya yang terbaik, tidak menghormati orang lain karena menganggap dirinyalah yang paling bisa, tidak peduli pada orang lain, dan masih banyak lagi


Oleh karena itu sebaiknya kita mempunyai rasa percaya diri agar kita yakin pada apa yang kita kerjakan tetapi jangan sampai rasa percaya diri itu menumbuhkan kepribadian yang kurang baik.


10 Cara untuk Gagal dalam Pemecahan Masalah

Apakah kamu ingin tahu bagaimana kamu bisa tidak memecahkan masah ? Berikut adalah sepuluh srategi yang hamper dijamin akan menuntun kepada kegagalan.


  1. melawan masalahnya
  2. menyangkal / mengabaikan masalahnya
  3. bersikap buruk tentang masalahnya dan kemampuanmu sendiri untuk memecahkannya
  4. tidak menyelesaikan apa yang kamu mulai
  5. takut membuat kesalahan
  6. menyerah
  7. takut bersaing
  8. mendapatkan gambaran yang semu atau tidak tepat tentang masalahnya
  9. mengandalkan kemujuran untuk memecahkan masalahnya atau berharap masalahnya hilang sendiri
  10. mengandalkan orang lain untuk memecahkan masalahnya bagimu


“Ternyata semakin keras saya bekerja, semakin besarlah kemujuran saya tampaknya”


10 Langkah Menuju Pemecahan masalah yang Sukses

  1. melihat apakah masalah yang harus dipecahkan
  2. risetlah masalahmu
  3. carilah pertolongan
  4. buatlah hipotesa atau terkaan tentang apa yang menurutmu bisa memecahkan masalahmu
  5. bereksperimen dan amatilah
  6. bentuklah teori berdasarkan pengamatanmu itu
  7. ambilah keputusan berdasarkan teorimu itu
  8. buatlah rencana berdasarkan rencanamu itu
  9. belajarlah dari kesalahanmu
  10. revisikan masalahmu itu


BONUS: pemecahan masah yang sukses bisa membantumu mencegah masalah dikemudian hari. Contoh: “kurasa seharusnya aku bekerja lebih keras dalam kimia sebelum itupun itu menjadi masalah”


“Setiap masalah yang pernah saya pecahkan menjadi aturan yang bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah lainnya” (Rene Descartes).


B. Bercermin


  1. Apakah yang dimaksud dengan rasa percaya diri? Jelaskan!


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Jelaskan mengapa rasa percaya diri itu penting, untuk dimiliki?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan cara-cara untuk mengembangkan rasa percaya diri?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

  1. Sebutkan cirri-ciri orang yang kurang percaya diri?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Jelaskan, mengapa orang yan kurang percaya diri selalu ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Mengapa kita tidak boleh memiliki rasa percaya diri yang berlebihan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C.  Tugas

Diskusikan pernyataan dibawah ini

Dengan adanya rasa percaya diri seseorang dapat mencapai cita-citanya

Jelaskan pendapat anda dan berikan contohnya?

















6. Solidaritas antar Teman Sebaya

dalam Pertumbuhan dan Perkembangan


Tema          
:
Solidaritas antar teman sebaya
Tugas Perkembangan                 
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Bimbingan Kelompok
Bidang Bimbingan
:
Sosial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A.   Materi


Anda harus tahu, apa saja yang harus diperhatikan dalam membinahubungan yang harmonis, dinamis, baik di dalam keluarga maupun dengan teman. Baik teman sekolah maupun luar sekolah atau teman bermain.


      Untuk membina hubungan yang harmonis tersebut di atas, maka diperlukan sikap-sikap antara lain :


  1. memehami sikap orang lain
  2. mengerti perasaan orang lain
  3. bersikap sabar dan penuh perhatian
  4. menyampaikan pujian
  5. menyampaikan kritik yang tidak menyakitkan dan sebagainya


Belajar itu tidak hanya berupa pelajaran akademik saja, sedang hubungan sesama orang lain perlu pula dipelajari agar keharmonisan itu ter cipta dimana saja anda berada.  Mulai dari hal-hal yang sederhana menuju kehal yang rumit. Di sekolah, sesama teman juga mulai dari hal-hal yang sederhana tetapi menjadikan hubungan yang hangat dan meyenangkan. Misalnya: bisa mendengarkan pembicaraan teman atau orang lain dengan baik, menghindari sikap meremehkan orang lain, dan berusaha tidak mencela pendapat orang lain.


Contoh lain :mengucap salam kepada teman yang memperoleh nilai bagus (menyempaikan pujian), dan lain-lain.


Selain tersebut diatas perlu pula dibangun sifat kooperatif, yaitu senang bekerja sama dengan teman tanpa pilih kasih, dan tidak sombong, serta tidak angkuh. Contoh : kerja bakti di kelas, diskusi tugas dari guru, terutama usaha dalam berpikir yang cerdas dan pandai mengisi waktu luang, serta berbuat yang lebih baik untuk meningkatkan prestasi.


Sikap tidak berlebihan

“ Janganlah berlebihan dalam segala hal”       Sikap tidak berlebihan artinya menghindari yang ekstrim, menetapkan batas-batasnya, dan menguasai diri. Bila kamu memiliki sikap tidak berlebihan, kehidupanmu seimbang. Kamu berolahraga . . . tetapi tidak berlebihan. Kamu tidur . . . tetapi bukan 12 jam sehari. Kamu makan . . . tetapi tidak sampai kekenyangan,. Kamu mengejar berbagai minat . . . tetapi tidak sampai teropsesi. Kamu kembangkan talentamu . . .tetapi kamu sediakan tempat bagi hal-hal lain serta sesamamu. Kamu berbuat semampumu . . . tapi bukan perfeksionis.


            Renungkanlah sesuatu yang sedasar itu. Kamu tidak munkin minum terlalu banyak bukan? keliru. Ada orang yang berlebihan minum air setiap harinya dalam rangka menurunkan berat badannya. Ini menguras nutrisi dari tubuh mereka dan ujung-ujungnya malah bisa merusak kesehatan mereka. Sebaliknya, kalau kamu tidak cukup minum air, tubuhmu menjadi kekurangan air. Kamu merasa mabuk dan lemah dan bahkan bisa pingsan. Jadi janganlah berlebihan minumlah 5-6 gelas air setiap harinya. Dan kalu inginmenurunkan berat badan, cobalah kombinasi makan secukupnya dan kegiatan fisik yang teratur.


      Kalau kamu merasa kehidupan mu tidak seimbang, berhentilah, lihatlah, dan dengarkanlah. Apakah yang diakatakan tubuhmu ? apakah kamu sakit kepala, sakit otot, ada bayang-bayang hitam di bawah matamu ? apakah yang dikatakan pikiranmu ? apakah kamu panik, cemas, stress, bosan ? apakah yang dikatakan teman-teman dan keluargamu ? apakah mereka kuatir tentangmu dan menasehati kamu untuk memperlambat kehidupanmu, rileks, dan meluangkan waktu banyak bagi mereka ? apakah yang dikatakan  guru-gurumu ? kalo sesuatu tampaknya kacau, tariklah nafas dalam-dalam, berpijaklah yang kokoh, dan buatlah komitmen untuk tidak bersikap berlebihan.


      Sebaliknya, munkin sikap tidak berlebihan itu tidak cocok bagimu ada kontribusi besar-dalam bidang kesenian, ilmu pengetahuan, kedokteran, politik, filosofi, agama, dan bidang lain dalam kehidupan manusia serta kebudayaan – justru dibuat oleh orang-orang yang habis-habisan menekuni talentanya, kemampuannya, minatnya, gairahnya. Kamu perlu memutuskan sendiri, kapan kamu harus mundur dan kamu harus terjun habis-habisan.


B. Bercermin


  1. Bagaimana sikap anda bila anda mempunyai teman akrab yang cerdas, jujur tetapi sombong dan egois ( ingin menang sendiri)?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Seorang teman sekelas anda menyombongkan dirinya bahwa ia lebih pandai dari pada anda. Sebaliknya anda tahu benar bahwa dia bohong dan benar-benar andalah yang lebih pandai. Agar hubungan anda dengan teman tetap hangat dan harmonis, apa yang seharusnya anda lakukan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Anda punya acara diundang ke rumah teman, pada saat yang bersamaan anda juga disuruh orang tua anda untuk mengantarkan pergi ke tempat saudara anda.  Bagaimana sikap anda terhadap hal ini?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Seringkali siswa-siswa mendapat teguran dari guru-guru yang bertujuan bahwa semua itu untuk kebaikan siswanya. Kadang teguran itu dilakukan dengan nada keras, sehingga membuat suasana tidak harmonis ( tidak menyenangkan atau merasa sakit hati) padahal anda masih perlu bimbingan sampai lulus. Usaha apa yang akan anda lakukan agar hubungan anda dengan guru tetap hangat dan harmonis?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Kebetulan di sekolah menyelenggarakan lomba kebersihan dan menghias kelas masing-masing. Juara pertama akan mendapatkan hadiah seperangkat alat kebersihan dan buku tulis sebanyak jumlah siswa satu kelas masing-masing. Padahal di kelas anda ada 5 anak yang malas dan tidak mau membantu bekerja. Cara dan usaha apa yang anda lakukan agar teman anda ikut berpartisipasi untuk meraih juara?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C. Tugas

            Diskusikan dengan teman sekelompok anda, bagaimana sikap dan prilaku yanga baik terhadap teman sebaya baik disekolah maupun di uar sekolah?
















7. Pornografi



Tema          
:
Jangan mudah terpngaruh
Tugas Perkembangan                  
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Sosial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi


Keluarga merupakan kesatuan masyarakat kecil yang mempunyai motivasi dan tujuan tertentu dimana dalam suatu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anaknya mempunyai fungsi dan tanggung jawab yang saling mengisi baik keberadaan maupun keselamatan dalam kehidupan itu


Keluarga merupakan fondamen yang pertama dan utama bagi pembentukan jiwa anak. Apabila lingkungan keluarga tidak berfungsi secara wajar, maka akan timbul keadaan yang secara potensial akan mengahasilkan anak-anak yang kurang bertanggung jawab


Manusia sebagai makhluk hidup yang mempunyai sifat sosial, tidak akan terlepas dari lingkungannya. Oleh karena tu baik buruk tingkah laku seseorang tergantung dari lingkungannya, dan masalah lingkungan masyarakat sangat besar pengaruhnya tehadap penbentukan jiwa seorang anak


Pengaruh-pengaruh tersebut antara lain :

1.      Pengaruh dari teman sebaya/ teman bergaul

2.      Pengaruh sosial ekonomi

3.      Pengaruh media masa

Misalnya: tanyangan TV, internet, majalah, surat kabar, buku bacaan porno dsb


Hal tersebut bisa terjadi karena:

  1. Tidak ada pembentukan karakter pada usia pra pubertas
  2. Kurang terkendalinya rem kejiwaan
  3. Sistem pengontrol diri mengalami kelemahan
  4. Kurang adanya kesempatan dalam pembinaan moral/ keagaman
  5. Adanya pemanjaan diri
  6. Tidak puas akan nasibnya ( broken home)
  7. Banyak konflik batin dengan orang tua
  8. Mengikuti kemauan sendiri
  9. Tudak mampu berprestasi di dekolah/ konflik dengan teman atau guru


Beberapa alternatif untuk mnghindari perbuatan pornografi dan pornoaksi

  1. Mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menjahui teman-teman yang berlaku negatif
  3. Membaca buku-buku yang bermanfaat  tentang keyakinan beragama
  4. Sering mendengarkan ceramah agama
  5. Taat pada orang tua serta mendengarkan nasehatnya
  6. Selalu mawas diri terhadp lingkungan sekitar
  7. Tidak mudah kena godaan/ rayuan
  8. Berusaha berbuat baik
  9. Takut berdosa
  10. Takut dikucilkan oleh masyarakayt dan teman-teman


B. Bercermin

  1. Mengapa keluarga sangat menentukan dalm pembentukan jiwa anak?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana keadaan hubngan keluarga anda? Jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan pengaruh apa saja yang dapat menjerumuskan seseorang pada pergaulan bebas!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana pendapatmu, bila ada seorang temanmu yang kebetulan membaca buku porno? Jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apa akibat yang terjadi bila suatu keluarga sering mengalami konflik? Jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan eberapa alternative untuk menghindari perbuatan pornografi/ pornoaksi?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana sikap anda bila ada temanmu yang terisolir karena perbuatan negatifnua?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C. Tugas

            Diskusikan dengan kelompok anda

            Akhir-akhir ini sering kita dengar banyak kasus tentang pelecehan seksual dan aksi-aksi amoral yang dilakukan sekelompok siswa yang masih menggunakan seragam sekolah. Bagaimana anda menanggapi tentang hal ini? Jelaskan!




































8.  Prilaku dalam Mensyukuri Anugerah

Tuhan Yang Maha Esa



Tema          
:
Mensyukuri nikmat
Tugas Perkembangan                 
:
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Belajar
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi

           

Bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia dikarunia dengan kelemahan dan kekuatan, kekurangan dan kelebihan. Tergantung pada diri untuk mensyukuri nikmat itu dan memanfaatkannya dalam mengarungi kehidupan. Kelebihan yang dimiliki kalau tidak dikembangkan akan sia-sia. Demikian kelemahan kalau hanya diratapi  dan disesali akan menjadi hambatan. Sesungguhnya apa yang dianggap sebagai kekurangan kadang-kadang tidak berarti apa-apa bagi orang lain. Begitu pula dengan kelebihan


Setiap orang mepunyai kepribadian yang tidak sama. Maksudnya orang yang satu dengan orang lain memilki kekhasan yang berbeda-beda. Bahkan anak yang lahir kembarpun tetap ditemukan beberapa perbedaan. Tuhan menciptakan manusia dengan kemurahan dan kemampuan yang terdapat pada diri setiap orang, Dengan jelas untuk menunjukkan bahwa setiap orang dapat memanfaatkan kekurangan tersebut untuk kehidupan, maka kekurangan tersebut harus kita syukuri dan kita kembangkan sebagai karunia untuk menumbuh kembangakan pribadi


Beberpa contoh yang dapat dijadikan gambaran bahwa setiap individu mempunyai potensi untuk dapat menumbuh kembangkan kekurangn tersebut meuju kearah yang positif, misalnya:


  1. Ada seseorang yang ,mempunyai kekurangan, yaitu tubuhnya tidak bisa berkembang dengan sempurna ( cebol), Tetapi secara psikis dan mental bisa tumbuh secara sempurna. Maka dia menumbuhkan kekurangannya dengan masuk dunia hiburan. Maka dialah artis yang terkenal. Anda tahu siapa pemeran utama “tuyul” dalam film Tuyul dan Mbak Yul
  2. Seorang anak yang bisa bicara ( cerewet) mempunyai segi positif yang bisa dimanfaatkan misalnya dengan menjadi MC atau pembawa acara, guide atau pemanadu wisata dan sebagainya.


Dari contoh diatas dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa perlu kiranya bagi setiap orang untuk mengenali kekurangannya sendiri dan kelebihannya sendiri agar bisa mengambil hikmahnya, dan bisa mengembangkan secara positif sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam hidupnya


Dengan mensukuri apa yang diberikan Tuhan kepada kita, apapun wujud dan keberadaannya, niscaya akan ada hikmah serta kepuasannya sendiri


B. Bercermin

  1. Anda tuliskan kekurangan yang ada pada anda sendiri, dan bagaimana cara mengatasi dan mengembangkan kearah positif?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

  1. Berilah tanda V pada kolom berikut tentang jenis kemampuan yang anda miliki atau yang menarik perhatian anda?


No
Jenis Kemampuan
Keterangan
1
Seni Sastra
2
Seni Lukis
3
Seni Tari
4
Seni Suara
5
Seni Peran
6
Mengarang
7
Olah Raga
8
Musik
9
Kerajinan Tangan
10
Elektronik
11
Berpidato
12
Berbahasa Asing
13
Berdiskusi
14
Berceritera
15
Wiraswasta
16
Beternak
17
Bercocok tanam
18
Otomotif
19
Model/ Artis



  1. Ceriterakan sikap keluarga, tentang kekurangan yang anda miliki?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana anda mengembangkan atau menutupi kekurangan yang anda miliki?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana sikap anda bila ada teman yang memiliki kekurangan, tetapi belum ditumbuhkembangkan  kearah lebih positif?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



C. Tugas

            Uraikan isi kolom dibawah ini:


No.
Macam
Kelebihan
Kekurangan
1
Phisik/ Tubuh
2
Kepribadian









9. Pengaruh Kondisi Phisik terhadap Masa Depan



Tema          
:
Kondisi phisik seseorang
Tugas Perkembangan                 
:
Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Karir
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi


Kondisi fisik sangat berpengaruh terhadap masa depan seseorang. Hal ini tak dapat diragukan lagi bahwa kondisi fisik seseorang menuntunnya untuk meraih masa depan, contohnya artis dan model. Seorang model paling tidak dituntut oleh kondisi fisik yang harus cantik, atau tampan, memmpunyai postur tubuh yang ideal dan tentu saja tinggi, yang sesuai. Apabila model yang memperagakan suatu rancangan baju memiliki kondisi yang tidak sesuai ( sebut saja cacat) maka tidak akan ada manajer atau designer yang mengontrak model tersebut untuk memmbawakan rancangannya karena otomatis para peminat baju tersebut dengan berbagi alas an


Seorang artis atau bintang sinetron pasti kebanyakan ditunutut untuk cantik, tampan, dan tampil sempurna dalam fisiknya karena mereka ditonton olah jutaan orang. Meskipun ada orang yang kondisi fisiknya tidak bagus, dapat menjadi bintang film. Namun prosentase itu sangat sedikit. Begitu halnya dengan seorang pelajar. Seorang pelajar akan merasa percaya diri dan dapat mengembangkan bakat, minat, dan potensi dibidang akademi apabila ia mempunyai kondisi fisik yang ideal dalam arti tidak cacat jasmani


Akan tetapi seseorang yang kondisi fisiknya tidak normal masih bisa meraih masa depannya asalkan dia mau berusaha dan selalu percaya kepada dirinya sendiri bahwa dia bisa melakukan apapun seperti yang orang lain lakukan


Sekarang banyak sekali contohnya, bahwa orang yang cacat tangannya bisa melulkis dengan kakinya yang menjadi pelukis yang dikagumi karena keunikannya itu. Atau sseorang sangat gemuk, sangat tinggi, kerdil dan sebagainya bisa menjadi artis dan meraih masa depannya


Sebenarnya kondisi fisik kita seperti apapun, kita masih meraih masa depan asalkan kita mau berusaha, mempunyai minat, optimis, percaya diri serta mau bersungguh-sungguh pasti kita akan berhasil


Kondisi fisik yang tidak normal kadang-kadang mempengaruhi kewajiban sperti dibawah ini:


1.                                              Mudah marah

2.                                              Tidak percaya diri

3.                                              Merasa hina

4.                                              Merasa tersisih

5.                                              Merasa pesimis

6.                                              Sulit menerima bantuan orang lain, dan sebagainya


Hal-hal tersebut diatas yang seharusnya dihilangkan.  Oleh karena itu peran serta orang tua sangat berarti disini untuk memberikan dorongan dan semangat. Dengan adanya peran serta dari orang tua dan dorongan dari orang-orang disekitarnya dapat menjadikan seseorang optimis dalam meraih prestasi dan masa depannya, meskipun dengan kondisi fisiknya yang kurang mendukung. Sekarang telah dikembangkan berbagai sekolah khusus disediakan bagi orang-orang yang kondisi  fisiknya kurang sempurana ( cacat jasmani). Sekolah-sekolah ini nantinya yang akan membantu mereka untuk dapat mencapai cita-cita dan meraih masa depan mereka

B. Bercermin


  1. Mengapa kondisi fisik bisa mempengaruhi masa depan seseorang? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apakah kondisi seseorang yang cacat dapt mempengaruhi kejiwaannya? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apakah orang yang cacat juga dapat mencapai cita-citanya? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Berikan contoh orang-orang yang berhasil dalam meraih masa depannya, walaupun mereka mempunyai fisik yang kurang mendukung?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan macam-macam sekolah yang diperuntukkan khusus orang-orang yang cacat?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apa yang anda lakukan bila ada teman yang kurang percaya diri karena cacat jasmaninya?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



C. Tugas

            Diskusikan dengan kelompokmu

Apakah seorang artis model harus cantik/ tampan, apakah seorang tentara itu gagah dan berpostur tubuh tinggi? Mengapa?


























10. Peranan Bekerja dalam Kehidupan Sehari-hari



Tema          
:
Bekerja untuk kehidupan
Tugas Perkembangan                 
:
Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, dan konomi
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Karir
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi

           

Bekerja yang dimaksud dalam hal ini adalah bekerja menurut ajaran agama . Bekerja adalah melaksanakan dan metaati perintah Allah yang didasari atas keimanan dan keikhlasan. Orang yang melakukan pekerjaan yang baik sekecil apapun akan diberi imbalan pahala berlipat ganda. Dan kita juga harus memahami bahwa  belajar merupakan salah satu bentuk dari bekerja. Cinta pekerjaan merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam kehidupan. Karena orang yang cinta terhadap pekerjaannya , pasti akan senang melakukan pekerjaan itu . Dia akan tekun bekerja dan tak pernah merasa lelah


Bekerja sangat penting artinya dalam khidupan manusia , baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat, bekerja merupakan tuntutan jasmani dan rohani, sebagai anggota masyarakat, bekerja merupakan status sosial dimana dia hidup dan bertempat tinggal


Berdasarkan gambaran di atas, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang peranan bekerja dalam kehidupan sehari-hari


Adapun peranan bekerja adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengembangkan potensi diri yang meliputi bakat, minat, pengetahuan dan keterampilan yang dimilkinya
  2. Dapat mebentuk pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, berdisiplin, teliti tekun dan sebagainya
  3. Dapat mengangkat harkat, dan martabat dirinya , baik sebagai individu atau sebagai anggota masyarakat
  4. Dengan bekerja, rasa solidaritas sosial seseoarang akan semakin tinggi dan berkembang


Bekerja selain berperan penting dalam kerhidupan juga memberi manfaat dalam kehidupan kita. Manfaat yang dapat kita ambil dari bekerja antara lain:

  1. Bekerja dapat meningkatkan taraf hidup seseorang, pengalamannya bertambah, dan kesejahteraannya meningkat
  2. Orang yang tekun dan giat dalam bekerja, jiwanya akan menjadi sehat, hidupnya selalu bergairah dan memiliki motivasi untuk sealau berkembang dan meningkat


Dengan kata lain orang yang bekerja lahir dan batinnya akan menjadi dinamis, sebaliknya orang yang malas bekerja akan mengalami kesusahan hidup, diantaranya:

  1. Tidak mandiri ( bergantung pada orang lain)
  2. Tidak mampu mengembangkan potensinya yang meliputi bakat minat, kemampuan dan keterampilan
  3. Tidak mempunyai rasa tanggung jawab dan sifat disiplin
  4. Tidak memiliki solidaritas sosial
  5. Tidak bergairah dalam hidupnya
  6. Tidak mampu meningkatkan taraf hidupnya, karena hanya mengharapkan belas kasihan dari orang lain
  7. Ilmunya tidak akan berkembang bahkan akan hilang
  8. Tidak mempunyai pengalaman


Salah satu fungsi bekerja adalah memenuhi kesejahteraan keluarga yang merupakan hak setiap orang untuk memperolehnya. Pekerjaan dapat diperoleh dengan persyaratan-persyaratan tertentu Salah satunya dengan berkemampuan yang memadai . Kemampuan dapat diperoleh diantaranya dari pendidikan. Orang yang rajin tentu akan mudah mendaptkan pekerjaan dan penghasilan yang baik


            Agar dalam bekerja dapat berhasil  dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: ulet dan tekun. Ulet yaitu berusaha terus dengan giat dan keras kemauannya serta menggunakan kecakapannya untuk mencapai sesuatu. Kalau tekun adalah dengan rajin dan bersungguh-sunguh


B.  Bercermin


  1. Apakah yang dimaksud dengan bekerja menurut ajaran agama?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Mengapa kita harus cinta kepada pekerjaan yang kita lakukan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan peranan/ pengaruh bekerja dalam kehidupan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan manfaat/ keuntungan orang yang mau bekerja?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan akibat bagi orang yang malas bekerja?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebutkan dan jelaskan kunci keberhasilan dalam bekerja?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Sebagai siswa atau pelajar tugas utamanya adalah belajar. Jelaskan apakah hubungan antara belajar dengan bekerja?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



  1. Apa saja tanggung jawab seseorang dalam pekerjaannya?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________



C.  Tugas

Berilah tanda cek ( V ) pada jawaban yang kamu anggap sesuai dengan pendapatmu


No
Pernyataan
Setuju
Ragu-ragu
Tidak Setuju
1
Bekerja adalah melakukan sesuatu pekerjaan dengan ikhlas
2
Bekerja dengan menikmati pekerjaan itu, akan menghasilkan hasil yang baik
3
Bekerja, belajar merupakan amanah yang harus kita kerjakan
4
Semua pekerjaan yang menghasilkan sesuatu adalah halal
5
Bekerja dengan tekun dan kekerja dengan santai kenyataannya akan menghasilkan hasil yang sama
6
Untuk mendapatkan prestasi yang baik cukup dengan semangat yang tinggi saja
7
Kita belajar karena disuruh oleh orang tua dan guru
8
Memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya adalah wujud dari tanggung jawab
9
Mematuhi tata tertib sekolah adalah wujud dari tanggung jawab siswa
10
Sejak dini kita berusaha untuk disiplin, agar dalam kehidupan nanti terbiasa melakukan pekerjaan dengan disiplin
11
Melaksanakan pekerjaan secara terpaksa tidak akan membuahkan hasil dengan baik
12
Cinta bekerja merupakan kunci keberhasilan
13
Masa remaja adalah masa bersenang-senang, sedangkan pekerjaan nomor dua
14
Tujuan utama kita bekerja adalah untuk mendapatkan uang
15
Agar kita bisa menikmati pekerjaan, kita harus mencintai pekerjaan itu sendiri


   11. Bersyukur atas  Keberhasilan yang Telah Dicapai




Tema          
:
Mensyukuri keberhasilan
Tugas Perkembangan                 
:
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jenis Layanan
:
Bimbingan Kelompok
Bidang Bimbingan
:
Karir
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi


Manusia dalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, diberi akal pikirn dan perasaan, oleh karena itu manusia wajib bersyukur kepada Tuahna Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang telah diberikan Tuhan kepadanya


Akan tetapi kadang-kadang sifat manusia yang serakah tidak cukup bersyukur atas apa yang Tuhan telah karuniakan kepadanya, menjerumuskannya kearah tindakan-tindakan atau hal-hal yang bertentangan dengan agama, seperti menghalalkan riba, menumpuk harta kekayaan, dan lain-lain


Sebagai seorang siswa yang baik kita tidak boleh lakukan hal-hal tersebut. Mensyukuri karunia yang Tuhan berikan kepada kita adalah wajib dilakukan. Seorang siswa , adalah bagian dari manusia yang merupakan makhluk individu, sekaligius makhluk social. Kita tak dapat hidup tanpa bantuan dan kerja sama dengan manusia lain. Oleh karena itu kita harus saling mebantu dalam menjalankan kehidupan. Apapun yang diperoleh, baik keberhasilan maupun kesusahan harus kita terima dengan apa adanya. Sesungguhnya manusia akan dapat berhasil apabila mereka optimis dalam menjalani hidup., mau bekerja keras, percaya diri, berseungguh-sungguh dan rela berkorban untuk apa yang mereka kerjakn          


Manusia hidup pasti tidak akan selalu berahasil , ataupun tidak akan selalu hidup susah. Semuanya itu ibarat roda yang selalu berputar, kadang di bawah, kadang pula diatas. Semuanya teagantung akan kemauan , niat dan keraja keras, yang kita lakukan. Apabila kita sedang diuji oleh Tuhan mengalami kesusahan atau kegagalan , maka kita tidak boleh putus asa mengahadapinya. Jadikanlah kegagalan iti sebagai kunci awal sebuah kesuksesan yang akan kita raih. Begitu pula jika kita seorang siswa , kegagalan yang didapat karena nilai kita yang kurang baik, atau karena kita tak dapat naik kelas, kita tidak boleh putus asa, menyalahkan diri sendiri, atau berhenti sekolah , tetapi kita harus yakin bahwa kita bisa meraih nilai yang lebih tinggi, yaitu dengan cara tidak mengulang kesalahan yang sama, serta rajin dan tekun belajar, akan membawa kita kesuksesan dalam belajar


Kunci kesuksesan dalam belajar yaitu opotimis, mempunyai kemauan keras untuk belajar, tekun belajar dan selalu yakin bahwa kita bisa melakukannya. Munsyukuri atas keberhasilan dan kesuksesan yang kita capai adalah suatu tindakan yang harus dilakukan oleh seluruh umat manusiaa di dunia sebagai jelmaan syukur atas karuniaNYa


B. Bercermin


  1. Bagaimana perasaan anda  bila anda mengalami keberhasilan dalam melakukan sesuatu? Jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apa yang harus kita lakukan bila kita gagal dalam melakukan sesuatu?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bolehkah kita putus asa dalam melakukan sesuatu yang sulit/ dan mengaklibatkan kegagalan? Mengapa?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apa yang harus anda lakukan agar anda dapat melakukan sesuatu dengan berhasil?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Adakah orang selalu berhasil/ senang  terus atau adakah orang yang selalu gagah/ sedih terus? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C. Tugas

Diskusikan dengan kelompok anda, bagaimana cara mensyuluri, bila anda telah berhasil dalam melakukan sesuatu





















12. Pembentukan Kelompok Belajar yang Baik



Tema          
:
Kelompok Belajar
Tugas Perkembangan                 
:
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya sebagai pria dan wanita
Jenis Layanan
:
Penguasaan Konten
Bidang Bimbingan
:
Belajar
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi


Dalam kegiatan belajar mengajar yang baik siswa dapat aktif sendiri atau siswa dapat membentuk suatu kelompok yang dinamakan kelompojk belajar. Kelompok belajar ini adalah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih  yang akan belajar bersama-sama untuk memecahkan masalah pelajaran sweperti mengerjakan pekerjaan rumah, atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Didalam kelompok belajar ini siswa dapat dengan mudah mengemukakan pendapatanya didepan kelas , atau didepan guru karena rasa kurang percaya diri atau merasa bahwa jawabanya pasti salah padahal belum tentu jawaban yang dikemukakan itu salah


Dengan adanya pembentukan kelompok belajar ini siswa diharapkan mampu mengembangkan aktifitasnaya atau pengetahuannya meskipun bersama teman-temannya. Pembentukam kelompok belajar bukan hanya agar siswa dapat meningkatkan pengetahuannya tetapi juga dapat mengembangkan siswa agar dapat bersosialisasi dengan  teman-temannya. Kadang-kadang siswa yang terlalu pemalu dan kurang percaya diri akan menutup dirinyya dari pergaulan dengan teman-temannya. Dia memilih untuk menyendiri dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri dari pada harus berkumpul bersama teman-temannya. Bahkan kadang-kadang ada siswa yang tidak mengenal nama dan alamat temannya sekelas padahal mereka telah bersama kurang lebih  satu tahun. Akan tetapi jika dalam kegiatan belajar mengajar dibentuk kelompok belajar, para siswa dapat belajar sekaligus dapat mengembangkan dirinya bergaul dengan teman-temannya


Kelompok belajar bukanlah kelompok yang dapat dibentuk begitu saja. Dalam pembentukan kelompok belajar yang seharusnya dibentuk:


Cara-cara pembentukan kelompok belajar yang baik antara lain sebagai berikut:

  1. Kelompok belajar sedikitnya mempunyai 3 orang anggota dan maksimal 5 orang. Ini dimaksudkan , bila anggota kelompok belajar hanya 2 orang , maka jika terjadi beda pendapat dalam memutuskan atau mengemukakan pendapatnya akan sulit untuk dipecahkan. Tetapi jika anggota kelompok lebih dari 2 orang, maka bila tidak ada jalan keluar untuk meyelesaikan masalah, diadakan voting dan tentu saja dengan jawaban yang masuk akal
  2. Kelompok belajar harus mempunyai ketua. Ketua bukan berarti orang yang berkuasa penuh dalam kelopok belajar, akan tetapi ketua disini agar dalam belajar ada yang memimpin sehingga tidak terjadi kericuhan dan kegaduhan
  3. Kelompok belajar harus mempunyai jadwal yang tetap. Jadwal ini dimaksudkan agar siswa datang tepat pada waktunya dan bisa belajar bersama-sama sesuai denga jadwal yang telah ditentukan
  4. Kelompok belajar sbaiknya dibentuk dengan anggota yang rumahnya saling berdekatan. Hal ini dimaksudkan agar mudah dalam komunikasi. Jarak rumah yang saling berajauhan merupakan penghambat suatu kelompok belajar
  5. Suatu kelompok belajar akan berjalan dengan baik apabila diantara semua aggota kelompok mempunyai sikap sebagai beikut:


a.       Saling mempercayai satu sama lain

b.      Bertanggung jawab

c.       Saling mengharagai yang satu dengan yang lainnya

d.      Tidak mebeda-bedakan teman

e.       Saling membantu dan sebagainya


Dalam pembentukan kelompok belajar, bimbingan dari guru juga sangat dibutuhkan. Guru dapat membantu dan dapat memberikan masukan maupun pendapat mengenai suatu permasalahan atau suatu pertanyaan. Selain itu guru juga dapat mengawasi perkembangan kelompok belajar ataukah hanya kumpulan siswa-siswa yang hanya datang , bercanda, kumpul bersama tanpa mengerjakan sesuatu yang berguna menyangkut masalah sekolah. Jadi dalam pembentukan kelompok belajar siswa diharapakan mencari guru yang dapat menunutun dan dapat membimbing mereka. Jadi pembentukan kelompok belajar sangat berguna untuk menumbuh kembangkan kemampuan siswa.



B. Bercermin


  1. Apakah yang dimaksud dengan kelompok belajar?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apakah kegunaan dengan dibentuknya kelompok belajar?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Apa yang dimaksud dengan saling menghargai dalam suatu kelompok belajar?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


  1. Bagaimana sebaiknya membuat kelompok belajar bila ditinjau dari segi kecakapan dan kemampuan siswa?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_____________________________________________________________________


  1. Ada suatu pernyataan yang menyatakan bahwa kelompok belajar  itu kumpul-kumpul tidak melakukan sesuatu yang semestinya dilakukan? Bagaimana menurut anda!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C. Tugas

            Diskusikan dengan kelompok

Mengapa pembentukan kelompok belajar itu seyogyanya melibatkan semua pihak termasuk wali kelas, guru mata pelajaran dan guru BK?




























13. Melanggengkan Persahabatan



Tema          
:
Melanggengkan Persahabatan
Tugas Perkembangan                 
:
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Soaial
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A. Materi

           

Tidak mudah untuk mencari sahabat  yang cocok dan baik. Itu merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah. Cocok dalam segala hal, dalam hal curhat , bergaul, ataupun cocok kita ajak dalam suka dan duka.


Untuk menjadi sahabat yang baik ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi , antara lain :

  1. Dia suka menolong atau ringan tangan
  2. Dia mau mendengarkan keluh kesah kita, terutama pada wak tu kita ada problem dan butuh teman bicara, dia ada disamping kita untuk menenangkan hati
  3. Dia selalu memberikan kesempatan pada kita  untuk menceritakan masalah kita. Kalau kita sedang ngobrol dan berdiskusi, masing-masing dapat berkesempatan  bercerita dan beragumentasi, bukan untuk berbicara sendiri.
  4. Dia mempunyai rasa toleransi yang tinggi.  Artinya dia tidak segan untuk mendahulukan kepentingan orang lain kalau memeang perlu, tidak hanya memikirkan diri sensiri saja
  5. Dia ikut senang kalau kita sukses, kesuksesan kita baginya kesuksesan dia juga
  6. Dia tidak mudah lupa pada teman, walaupun dia sudah punya pacar
  7. Dia tidak pernah mengajak kita untuk berbuat buruk atau jelek.
  8. Dia tidak ragu untuk memberikan saran positive
  9. Dia tidak suka membicarakan kita dibelakang, terutama kejelekan dan rahasia kita.


Apabila sahabat telah kita temukan , tinggal kita bagaimana supaya persahabatan itu tetap langgeng. Dibawah ini  ada beberapa langkah agar persahabatan kita tahan lama atau langgeng, antara lain :


  1. Saling percaya

Ini penting bagi kelanggengan persahabatan. Jangan begitu saja percaya pada gossip-gosip yang orang lain informasikan, selidiki dulu kebenarannya. Kita harus menutup  teman-teman, kunci utama  dalam menjalin persahabatan adalah saling percaya. Tanpa adanya rasa percaya persahabatan akan sulit dijamin dan tidak akan awet.

  1. Jujur dan terbuka

Jika ingin dipercaya, maka kita harus selalu bersikap jujur. Apabila ada masalah atau salah paham harus cepat-cepat diselesaikan. Jangan disembunyikan  perasaanmu apabila ada tingkah laku teman-teman yang tidak sesuai tetapi harus terbuka, jika salah, katakana salah. Ingat, sahabat yang baik adalah yang saling menasehati dalam kebaikan 


  1. Saling pengertian

Tanpa adanya saling pengertian, sama saja bohong . bersahabat itu artinya  saling mengerti kekurangan dan kelebihan  masing-masing. Jangan suka menuntut sahabat untuk mengerti sifat dan keinginanmu sendiri tapi   tidak  mau mengerti sifat dan  dan keinginannya


  1. Saling menepati janji

Dalam bersahabat harus dapat menjaga amanat  dan menepati janji. Terlalu sering tidak menepati janji , akan membuat sahabat tidak percaya lagi. Jika sudah berjanji tetapi tidak bisa menepati, terlebih dahulu harus memberitahukan lewat telepon atau pesan, dan jangan lupa meminta maaf.


  1. Take and give

sebagai sahabat jangan keenakan meminta saran , pendapat, dan bantuannya saja, sekali-kali lihat juga kesulitan dan kesusahannya, jika sahabat butuh bantuan, tentunya kita harus siap membantu.  Jangan pura –pura tidak tahu dan membiarkan dia mengahdapi masalahnya sendiri


  1. Jaga perasaan dan rahasia

Pada saat bercanda, jangan sampai  menyinggung perasaannya, meledeknya dan menunjukan  kekurangan nya di depan teman-teman  lain. Apa lagi membuka rahasia sendiri,  Sahabat yang baik adalah sahabat yang menutupi cela atau aib sahabatnya sendiri.


B. Bercermin


Pilihlah jawaban yang sesuai dengan keadaan dirimu, untuk mengukur seberapa dalam rasa persahabatanmu!


1.      Kalau kamu hitung, berapa jumlah sahabatmu?

a.       Satu saja    b. 2 sampai 3   c. lebih dari sepuluh    d. tidak punya


2.                  Sahabatmu sedang ada masalah, dia minta kamu bohong sedikit agar dia selamat, lalu kamu:

a.       Tidak mau, itu dosa

b.      Menolak secara halus dan kamu membantu menyelesaikan masalahnya

c.       Pura-pura tidak mendengar keluhan temanmu, memangnya kamu siapa disuruh berbohong


3.      Kamu minta maaf kesahabatmu:

a.       Kemarin

b.      Dalam bulan ini

c.       Pernah aja

d.      Tidak pernah, soalnya tidak pernah bersalah


4.      Bisakah kamu bersahabat dengan seseorang yang kumuh dan kuper?

a.       Bisa

b.      Tidak bisa

c.       Aku piker-pikir dulu


5.      Sahabatmu ingin pinjam baju putihmu yang baru dan keren itu, kamu:

a.       Keberatan

b.      Boleh dengan janji dia tidak merusak baju itu

c.       Oke saja, kan dia sahabat

d.      Boleh aja, namun dengan tukar sepatunya


6.      Menurutmu perempuan:

a.       Saling dengki

b.      Bisa bersahabat lama bila saling menguntungkan

c.       Baik hati dan penuh pengertian

d.      Tidak sebaik laki-laki kalau bersahabat


7.      Dibanding sahabatmu kamu:

a.       Lebih sering memberi

b.      Lebih oke dan ngetop

c.       Mendapatkan apapun yang saya mau


8.                  Sahabatmu lagi jatuh cinta pada “Si Jenius”, yang kamu tahu tidak baik akhlaknya, kamu:

a.       Menutupi hal itu agar sahabat tidak kecewa

b.      Bilang “ Si Jenius”, itu memang oke

c.       Bilang tidak akan bisa kompak dengan si Jenius karena tipe sahabat sejati

d.      Terus terang apa adanya demi sahabat


9.      Ketika kamu lagi ngobrol dengan teman lain, sahabatmu jadi bahan gossip, dijelek-jelekkan oleh teman lain, kamu:

a.       Lapor ada sahabat tentang ihal itu

b.      Membela sahabat dan menegur teman

c.       Mendengarkan saja tanpa reaksi apa-apa


10.  Kamu tidak pernah:

a.       Membicarakan teman

b.      Membocorkan rahasia teman

c.       Mengharapkan yang jelek tentang teman

d.      Tidak peduli dengan teman

e.       Bohong pada teman

f.       Mengambil kegiatan teman


11.  Kamu sudah janji mengantar sahabatmu kerumah gurunya, tetapi adikmu marah minta diantar untuk beli buku, kamu

a.       Membatalkan jani dengan sahabat, lalu pergi ke took dengan adik tersayang

b.      Bilang terus terang dan menawarkan hari lain


12.  Menurutmu apakah persahabatan yang abadi tidak pernah retak?

a.       Memang benar

b.      Siapa bilang


13.              Menurut sahabatmu, kamu:

a.       Selalu bergantung pada orang lain

b.      Gampang tersinggung

c.       Berani

d.      Oke banget

e.       Sumber inspirasi

f.       Banyak mempunyai saran yang bagus-bagus

g.      Gampang cemas

h.      Mau menang sendiri

i.        Setia

j.        Lucu

k.      Cerdas

l.        Baik hati

m.    Suka dengki

n.      Simpatik


14.  Kalau kamu sedang ngobrol dengan sahabatmu, kamu sering cerita:

a.       Tentang diri sendiri sekaligus masalah-masalah sendiri

b.      Tentang kita berdua

c.       Tentang diri sendiri kadang-kadang tentang sahabat


15.  Menurutmu sebagai seorang sahabat, kamu:

a.       Seorang pendengar yang baik

b.      Suka bercanda

c.       Rekan kegiatan yang gesit


16.  Diluar dugaan, sahabatmu jatuh sakit, sedang ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, kamu:

a.       Mengambil alih tugas sahabat

b.      Melimpahkan tugas sahabat pada teman lain

c.       Biarkan saja diselesaikan sahabat setelah ia sembuh, karena saya sendiri sibuk


17.  Kamu kadang tidak punya waktu untuk sahabatmu, karena kamu:

a.       Sibuk berat

b.      Capek sekali

c.       Suka bosan

d.      Terlalu ngetop

e.       Tidak cocok sama dia

f.       Punya kesibukan dan punya waktu yang berbeda


18.  Kamu tilpun dan mengobrol dengan temanmu:

a.       Belasan kali sehari

b.      Sehari sekali

c.       Sebulan sekali


Skor

1.a = 7             b = 10              c = 2                d = 0

2.a = 4             b = 10              c = 10

3.a = 10           b = 8                c = 4                d = 0

4.a = 10           b = 0                c = 5

5.a = 1             b = 5                c = 10              d = 0

6.a = 4             b = 1                c = 10              d = 0

7.a = 5             b = 0                c = 10

8.1 =1              b = 0                c = 5

9.a = 5             b = 10              c = 0

10. kalau kamu menjawab semua nilainya 10, bila 4 – 5 nilainya 6, bila 2 -3 nilainya 1

11.a = 0           b = 10

12.a = 0           b = 10

13.kalau menjawab b, d, g. h, m = 0, kalau menjawab lainnya nilainya 5

14.a = 0           b = 10              c = 5

15.a = 10         b = 1                c = 3                d = 6

16.1 = 10         b =  5               c = 0

17.a = 4           b = 3                c – e = 0          f = 10

18.1 = 5           b = 10              c = 1


Jumlahkanlah nilaimu


Analisis:

Score antara 120 – 220

Kami punya rasa setiakawan pada sahabat. Benar-benar sahabat sejati yang bisa dtpercaya dan diandalkan. Kamu lulus dan terus terang pada sahabatmu. Sikapmu simpatik, baik hati dan menyenangka, makanya sahabatmu sangat menghargai dan saying padamu


Score antara 100 – 119

Kamu sahabat yang baik, kadang-kadang rasa setiakawanmu bisa terombang-ambing oleh situasi. Padahal kamu cukup menyenangkan dan setia pada sahabtmu itu. Cuma kamu kadang-kadang memanfaatkan persahabtanmu itu untuk hal-hak yang mengutungkan dirimu sendiri. Artinya kamu bersahabat karena azaz manfaat. Kalau sudah begitu persahabatanmu tidak lagi dinilai sebagi ibadah dan yang pasti cepat atau lambat persahabatanmu retak. Niat ingin bersahabat karena menguntungkan


Score antara 50 – 99

Kamu seorang yang baik untuk jadi sahabat, nampaknya ada beberapa hal yang menyulitkan. Pasalnya kamu kurang percaya pada orang lain, apalagi untuk berterus terang, berbuja hati dengan seorang teman. Kamu kelewat tertutup. Ada jarak yang kamu buat sendiri setiap kamu mau berbaur dengan teman agar bisa jadi sahabat sejati


Score antara: 49 kebawah:

Cobalah untuk lebih membuka diri, lebih bersikap hangat dan mencoba untuk berbaur dengan teman yang lain. Pada dasarnya setiap orang membutuhkan yang lain untuk melengkapi perjalanan hidupnya, kalau kamu hangat siapa tahu bakal menemukan seorang sahabat sejati yang bisa diajak saling mengerti dan memahami hakekat kehidupan


C. Tugas

Simaklah deskripsi cerita ini:

Atun seorang siswa kelas VIII, dia anak orang mampu, dan dalam kehidupan sehari-harinya, dia hidup bahagia dengan kedua orang tua dan kedua adiknya. Namun pada suatu hari ayahnya meninggal karena kecelakaan. Padahal ayahnyalah yang selama ini memenuhi dan mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Setelah musibah itu Atun belum pernah masuk sekolah, padahal sudah seminggu lewat. Kamu sebagai sahabatnya, apa yang kamu lakukan terhadapnya ( Atun)





























14. Cara Mencapai Hasil Belajar yang Baik



Tema          
:
Meningkatkan prestasi belajar
Tugas Perkembangan                 
:
Mengembangkan kemampuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
Jenis Layanan
:
Informasi
Bidang Bimbingan
:
Belajar
Kelas/ Semester
:
VIII/ Genap
Waktu
:
2 x Pertemuan



A.      Materi


1.      Arti belajar

Suatu bentuk perkembangan yang membawa perubahan-perubahan pribadi seseorang. Yang nampak adalah perubahan prilakunya, yaitu termasuk: .

-          Kebiasaan

-          Keterampilan

-          Kordinasi sensoris- motoris

-          Kecepatan mengerti

-          Assosiasi

-          Mengingat

-          Disiplin


2.      Tujuan belajar

-                        mengerti

-                        memproduksi hasil keterampilan yang telah dipilih

-                        menambah serta memperdalam pengetahuan



3.      Teknik Belajar

-          dengan mengingat

-          dengan meniru

-          dengan mencoba-coba

-          dengan ratio/ pikiran


Teknik belajar meliputi:

a.       Pelajaran

-          Daris bawahi hal-hal yang kau anggap penting

-          Jangan merasa maku bertanya tentang mata pelajaran yang sulit

-          Biasakan menyelesaikan tugas-tugas belajar di rumah


b.      Membuat catatan:

-          Jangan membiasakan pinjam catatan orang lain, penangkapan setiap orang beda

-          Kalau mungkin catatlah hal-hal yang pokok saja, uraikan menurut kata-katamu sendiri

-          Pergunakan catatan sendiri untuk setiap mata pelajaran

-          Buatlah catatan yang sistematis

-          Catatlah disaat pelajaran berlangsung


c.       Membuat ringkasan

d.      Membaca berulang-ulang


4.      Motif Belajar

-          Dengan menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu

-          Menyebabkan seseorang merasa perlu untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu

-          Keinginan untuk mendapatkan pengetahuan/ melepaskan ketergantungan ekonomis

-          Motif yang murni tak dapat dipaksakan dengan tekanan/ pujian dari luar. Motif yang murni itu muncul bila maksud dan tujuan jelas dan sehat

-          Cari dan bentuklah kelompok belajar, masing-masing kemukakan kelemahan-kelemahan dalam pelajarn tertentu. Yang kuat membantu yang lemah

-          Rumuskan moifmu dengan singkat dan padat, atau buatlah suatu lukisan/ karikatur

-          Motif ini harus dapat mentangmu setiap saat


5.      Suasana belajar

-          Biasakan belajar membaca dalam hati, tidak dengan suara keras

-          Pilihlah waktu yang tepat untuk belajar, jangan sampai larut malam

-          Lebih baih baik belajar setengah jam dengan konsentrasi dari pada dua jam tanpa konsentrasi

-          Biasakanlah belajar di tempat dan pada waktu tertentu. Sebab setiap suasana dan tempat harus kamu sesuaikan dengan dirimu

-          Kesedihan harus hilang/ dinetralisir sebelum belajar mulai


6.      Sikap Belajar

-          Selalu berusaha atau mau menangkap satu soa; sampai sedalam-dalamnya

-          Usahakan selalu atau memperefisienkan cara belajarmu

-          Jadilah pendengar yang baik

-          Perbaikilah sedapa-dapatnya kekurangan atau kelemahan pada mata pelajaran tertentu

-          Jangan merasa putus asa

-          Pergunakanlah pengetahuan yang telah kamu peroleh dalam tindakan atau cara berpikir

-          Sesuaikan sikap belajar dengan kondisi dan situasi


7.      Disiplin hidup sehari-hari

-          Sembahyang atau berdo’a

-          Gosok gigi/ pakaian bersih rapi, sepatu terpelihara

-          Makn minum yang teratur

-          Bermain tidak berlebihan

-          Tepat waktu, janji yang tepat

-          Sesuai kata dan perbuatan

-          Hormat kepada orang tua , kakak sayng adik, guru, penjabat

-          Istirahat yang cukup

-          Buku-buku perlu dirawat yang baik


8.      Petunjuk praktis dalam pencapain belajar yang baik

a.       Perhatikan keadaan jasmani

Belajar adalah merupakan aktifitas kegiatan jasmani yang menyerap beberapa tenaga. Dengan tenaga inilah dapt dikatakan sehat dalam kondisi yang betul-betul prima. Dengan demikian kondisi yang sehat dapat menghasilkan belajar yang efektif. Cara menanggulangi: Makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan sebagainya


b.                  Bebas emosional

Seseorang siswa bila mengalami rasa cemas, sedih dan banyak musuh adalah kurang baik untuk belajar. Apabila hal ini dialami oleh siswa tertentu dalam pencapaian nilai belajar itu pasti tidak dapat diterimanya. Cara menanggulangi: Bebaskan perasaan cemas dan dari yang sekiranya dapat mmecahkan rasa emosi tersebut


c.                   Perhatikan keadaan lingkungan

Dalam mencapi hasilyang baik usahakan tempat belajar yang tenag. Tempat belajar harus kita usahakan jangan sampai adanya perangsang dari luar. Karena untuk belajar diperlukan konsentrasi yang penuh. Dan segala persiapan yang diperlukan harus sudah dipersiapkan

d.      Buatlah rencana harian

Dengan rencana kerja harian dalam mengisi belajar hendaknya kita persiapkan sebelumnya, contoh sebelum tidur dimana segala apapun yang akan kita gunakan besuk pagi harus sudah tersusun rapi

e.       Hati-hati memulai pelajaran

Permulaan belajar adalah merupakan langkah yang sangat menetukan. Oleh karenanya, memulai pelajaran hendaknya akan diperintah oleh dirinya, agar tepat waktu


f.                   Kembangkan sikap optimis

Untuk mencapai hasil belajar yang baik perlu dikembangkan sikap ingin tahuddan optimis. Sikap ini ada dua pokok: Bersedia menerima kenyataan apa adanya dan dapat melihat hal-hal yang positif


g.                  Perhatikan waktu

Segala pemikiran dalam belajar hendaknya siswa betul-betul dapat mempergunakan waktu yang sebaik-baiknya, Contoh: Dalam kelas belajar satu jam pelajran lamanya 45 menit. Waktu ini harus betul-etul dimanfaatkan. Dan nati setelah pulang sekolah baru kita buka kembali dalam arti kita ulang sepintas


h.      Perhatikan cara mempelajari buku

Kenali isi buku dan kita pilih mana yang harus didahulukan


B.      Bercermin

1.      Apakah anda telah merasa puas denga hasil belajarmu selama ini? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


2.      Apakah engkau punya keinginan untuk mengubah cara belajarmu? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


3.      Apakah anda ingin mencoba cara belajar yang efektif? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


4.      Apakah dengan membuat ringkasan akan mempermudah dalam belajar? Jelaskan

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


5.      Ada pernyataan yang menyatakan “ Belajar berulang kali dengan waktu yang sedikit akan lebih berhasil dari pada belajar satu kali sehari dalam sehari dengan waktu yang cup lama”. Bagaimana pendapat anda?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


C.      Tugas

1.      Sebutkan 3 teknik belajar yang anda ketahui

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________


2.      Bagaimanakah sebenarnya suasana yang baik untuk belajar? Jelaskan!

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________




DAFTAR PUSTAKA



Drs. Andi Mappiare . Psikologi Remaja . Usaha Nasional.


Drs. G. Kosasih,M.M, Drs. Adi Nurdin, Dra.Yani Mayani . Putaka Setia,Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia SLTP.


Dra. Soesilowerdradini , MA. Psikologi Perkembangan Mas Remaja.Usaha nasional.


Prof. Dr.H. Mucshin,S.H. Menggagas Etika dan Moral di Tengah Modernitas,CV. Adis Surabaya.


­­­­­­­­­­­­______ Remaja,Agama, dan Kesehatan, Pimpinan Pusat Aisyiyah Bagian Pembina Kesejahteraan Umat (PKU).


______ PendidikanAgama Islam Bermuatan Budi Pekerti dan HAM,SLTP, Kelas II, PT. Balai Pustaka.


______ Integrasi Budi Pekerti dalam PPKn, Tim PPKn, Kelas 2 SLTP, Yudistira.


Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata,dkk, (Penyunting) Materi BK (untuk Pengembangan Diri, Sosial dan Karir ) ,Edisi Pertama, Mutiara.


Rubiyanto, Rubino. Penerapan Teori-teori Belajar. Gama. Jogyakarta

Tasmara, Toto. Kecerdasan Rohaniah. Gema Insani. Jakarta


Loceret 19 Desember 2012

No comments:

Post a Comment